Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 26 Juli 2010

Pendapatan Pariwisata Bantul Lebihi Target

Pendapatan pariwisata Kabupaten Bantul, tahun 2008 sebesar Rp 2,144 miliar. Pendapatan yang diperoleh dari retribusi diberbagai obyek wisata di Bantul ini, melebihi target yang dibebankan Dinas Pariwisata Bantul sebesar Rp 1,736 miliar.

Dengan demikian, pendapatan retribusi dari berbagai obyek wisata ada kelebihan sebesar Rp 408 juta atau sekitar 24 persen dari target yang dibebankan Dinas Dinas Pariwisata di daerah itu. ''Pendapatan Dinas Pariwisata Bantul pada tahun 2008 melebihi target sebesar Rp 408 juta,'' kata Uminto Giring Wibowo, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bantul, siang tadi (16/1).

Menurut Giring, sektor pariwisata yang menyumbang PAD terbesar bagi Pemkab Bantul adalah retribusi Pantai Parangtritis sebesar Rp 1,255 milyar. Disusul kemudian retribusi obyek wisata Pantai Samas, Pantai Pandansimo, Kolam Renang Tirtotamansari, Gua Selarong dan obyek wisata lain yang ada di Kabupaten Bantul.

'Hampir 70 persen lebih PAD (pendapatan asli daerah) dari sektor pariwisata diperoleh dari retribusi Pantai Parangtritis yang selama ini memang menjadi tujuan utama wisata pantai di Yogyakarta,'' katanya.

Dikatakan Giring, penataan kawasan Parangtritis yang baru memasuki tahap kedua ternyata sudah mulai terlihat hasilnya. Buktinya jumlah wisatawan yang berkunjung ke pantai itu, selama tahun 2008 jumlahnya mencapai 114.628 wisatawan.

Meski demikian, kata dia, masih adanya kebiasaan yang buruk dari masyarakat Pantai Parangtritis dalam menarik parkir untuk kendaraan roda dua, mobil maupun bus yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada.

Kondisi ini, lanjut dia, bisa berdampak buruk bagi wisatawan dikemudian hari. Untuk itu, ia berharap bisa mematuhi peraturan yang sudah ada. Sehingga citra obyek wisata di Bantul tetap baik.

''Saya sering mendapatkan SMS, bahwa parkir di Pantai Parangtritis sangat mahal. Untuk kendaraan roda dua bisa mencapai Rp 10.000, sedangkan mobil bisa mencapai Rp 20.000,'' katanya mencoba menjelaskan.

Maka untuk meningkatkan PAD dari sektor pariwisata, DPRD telah mengesahkan Perda No 32 Tahun 2009 tentang retribusi obyek wisata wisata. Dimana salah satu pasalnya menyebutkan, kenaikan biaya retribusi masuk obyek wisata di Bantul.

Misalnya, retribusi masuk Pantai Parangtritis yang semula hanya Rp 1500 per orang saat ini naik menjadi Rp 3.000. Sedangkan untuk kendaraan roda dua Rp 500, roda empat Rp 1.000 dan roda enam mencapai Rp 2.000.

Bahkan dalam salah satu pasalnya ada yang menyatakan, jika dalam obyek wisata itu ada acara maka retribusi dapat dinaikkan hingga 300 persen. Dengan demikian, obyek wisata di Bantul cukup mahal dibanding obyek wisata di daerah lain.

Sumber :
http://www.suaramerdeka.com/beta1/index.php?fuseaction=news.detailNews&id_news=21239, dalam :

http://www.indonesia.go.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=9044&Itemid=1473

16 Januari 2009




1 komentar:

  1. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya YUNI SARA, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren sundoko.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai sundoko atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>SOLUSI MELUNASI HTANG KLIK DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin

    BalasHapus